Potensi Keuntungan Investasi Emas Di Pegadaian Bagi Masyarakat Pada Era Globalisasi

Potensi Keuntungan Investasi Emas Di Pegadaian Bagi Masyarakat Pada Era Globalisasi

Keuntungan Investasi Emas, Berkembangnya berbagai media investasi pada saat ini khususnya emas batangan mengakibatkan para investor tergiur untuk menginvestasikan logam mulia ini. Tidak hanya di beberapa negara, investasi emas sudah diakui kelebihannya untuk dijadikan sarana investasi yang mengglobalisasi. Hal ini tidak terlepas dari kelebihannya sebagai suatu bentuk mata uang yang universal dan nilainya yang cenderung selalu meningkat seiring dengan kenaikan inflasi maupun kurs dolar serta kelebihan lainnya. Dalam pencarian google bahkan banyak sekali menjelaskan mengenai cara investasi emas di pegadaian, cara investasi emas di bank, investasi emas online, dan ini menunjukan bahwa begitu populer mengenai investasi berupa emas.

Namun di Indonesia popularitas logam mulia batangan ini belum dikenal baik sebagai sarana investasi. Hal ini dikarenakan kurangnya perkembangan pengetahuan masyarakat mengenai seluk beluk potensi logam mulia tersebut.Hasil dan dampak yang diharapkan adalah meningkatkan pemahaman masyarakat awam pada khususnya mengenai kelebihan emas sebagai media investasi dan memanfaatkan pegadaian sebagai tempat yang aman untuk menyimpan logam mulia.

Kata kunci : emas, pegadaian, inflasi, media investasi, potensi, era globalisasi, Keuntungan Investasi Emas

Baca Juga:
Cara Investasi Saham Bagi Pemula, Pahami Ini Guys


Mengapa MNC Melakukan Foreign Direct Investment? Ini Jawabannya

Partner Rival Finance (Jurnal Rival Populer)

Potensi Emas Sebagai Sarana Investasi Di Masa Depan

Di era globalisasi sekarang ini, acap kali kita mendengar bahwa emas sudah menjadi sarana investasi dalam dunia bisnis. Bahkan ada yang berinvestasi emas dengan metode berkebun emas untuk memperoleh profit dan sebagai pagar kehidupan. Namun mayoritas masyarakat awam, khususnya di Indonesia, logam mulia ini dipandang hanya sebagai perhiasan semata untuk dipamerkan. Bahkan pemahaman tentang emas yang diinvestasikan dalam bentuk logam mulia masih belum dikenal populer.

Pemahaman investasi dalam bentuk emas logam mulia sudah seharusnya dipertimbangkan oleh masyarakat umum mengingat perekonomian negara kita sangat rentan terhadap inflasi. Apalagi dengan situasi harga barang/jasa yang sering naik dan permasalahan lainnya yang menurunkan kesejahteraan masyarakat. Oleh karena itu, inilah kesempatan yang baik untuk membangun bangsa ini dengan perekonomian yang penuh perencanaan, yaitu dengan memanfaatkan kelebihan emas sebagai media investasi.

Artikel ini dimaksudkan sebagai upaya untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat awam pada khususnya tentang potensi emas sebagai sarana investasi yang populer dan menguntungkan untuk jangka panjang.

Kelebihan Dan keuntungan Investasi Emas Logam Mulia

Berikut akan disampaikan beberapa kelebihan dan keuntungan investasi emas logam mulia, diantaranya:

Penakluk Inflasi

Emas dikenal bersifat”zero inflation effect” yang mana emas tidak terpengaruh oleh efek inflasi. Seperti yang kita ketahui bahwasanya semakin tinggi inflasi, maka akan semakin baik kenaikan harga emas yang di investasikan. Dan inflasi tidak berdampak terhadap daya beli bagi mereka yang memanfaatkan logam mulia ini sebagai sarana investasi.

Memiliki likuiditas yang tinggi

Emas lebih cepat untuk diuangkan jika kita menginginkannnya. Kita bisa langsung menjualnya ke toko emas maupun ke pegadaian dan uangnya bisa dicairkan saat itu juga. Namun sangat disarankan untuk tidak langsung menjual emas jika kita dalam situasi yang sangat membutuhkan. Kita cukup menggadaikannya saja karena lebih menguntungkan untuk jangka waktu kedepannya. Apalagi saat ini pegadaian sudah banyak tersebar di sebagian besar kota di Indonesia. Di samping itu, pegadaian juga menjadi tempat penyimpanan yang aman dibandingkan di rumah.

Perlindungan nilai yang universal

Sampai saat ini emas sudah menjadi suatu bentuk mata uang universal yang memiliki harga dan nilai tukar yang sama di seluruh dunia. Oleh karena itu, logam mulia yang kita miliki bisa kita jual kapan dan dimanapun kita inginkan.

Bebas dari campur tangan pemerintah

Bagi pemilik logam mulia batangan mereka tidak perlu khawatir tentang peraturan pemerintah baik yang berkaitan dengan pajak, biaya perawatan, maupun sejenisnya. Emas dalam bentuk batangan tidak dikenakan pajak PPN oleh pemerintah karena dikategorikan sebagai bahan baku.

Emas Menjadi Sarana Investasi Unggulan

Emas menjadi salah satu sarana investasi yang unggul di era globalisasi saat ini dikarenakan emas sudah menjadi suatu bentuk mata uang yang bersifat universal dimana nilai tukarnya sama di seluruh dunia. Di samping itu emas bersifat zero inflation effect, yaitu tidak terpengaruh akan adanya inflasi. Logam mulia ini memiliki nilai yang cenderung meningkat seiring kenaikan inflasi dan kurs dolar sehingga pada jangka panjang dengan situasi yang sangat membutuhkan, harga jual dan profitnya sangat tinggi. Namun perlu diingat, emas yang diinvestasikan berupa emas logam mulia.

Baca Juga:
Tujuh Manfaat Asuransi Kesehatan Untuk Keluarga Tercinta


Bisnis Kopi Organik , Peluang Usaha Sampingan Yang Menguntungkan

Rival Finance Indonesia

Dan pada kesempatan ini sudah selayaknya masyarakat mengetahui seluk beluk kelebihan investasi emas untuk berlindung dari situasi ketidakpastian ekonomi. Karena dengan cara ini juga masyarakat mampu mengumpulkan kekayaan untuk masa depan yang belum pasti.

Penulis Tinur Sulastri Situmorang

2 thoughts on “Potensi Keuntungan Investasi Emas Di Pegadaian Bagi Masyarakat Pada Era Globalisasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *